PARADE SENI BUDAYA

30/08/2017 BeritaBudaya

Parade Seni Budaya pada acara Pesta Rakyat Jawa Tengah di Kabupaten Jepara merupakan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Jawa Tengah (Jateng). Acara ini berlangsung pada Jumat malam tanggal 25 Agustus 2017.

parade10

Parade ini diikuti perwakilan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah salah satunya Kabupaten Tegal sendiri. Setiap kontingen berkreasi sesuai dengan latar belakang budaya di daerahnya masing-masing.

parade2

Parade Seni Budaya dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dengan memukul gong dan dimeriahkan dengan kembang api yang sangat indah. Pemberangkatan peserta parade diawali atraksi drumband Gema Perwira Samudera Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.

parade3

Kabupaten Tegal sendiri mengirimkan 30 penari, 12 pengrawit dan 3 batik karnival. Dalam Parade Seni Budaya kali ini menggarap Tarian Renggong Njiplong. Tari Renggong Njiplong berpijak dari iringan gendhing Renggong Manis yang ada di Kabupaten Tegal. Gendhing Renggong Manis memiliki ciri khas iringan yang rancak, gembira dan lincah.

parade4

Tari Renggong Njiplong diciptakan tidak jauh dari karakter iringan yang ada. Tarian ini menceritakan sosok gadis yang lincah, luwes, kenes dan selalu gembira. Dalam tarian ini menggunakan property topeng berwajah cantik, yang menggambarkan sosok gadis yang kadang suka bersolek agar terlihat lebih cantik dan menarik.

parade5