Sosialisasi dan Komitmen Bersama Mendukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

14/06/2023 BeritaBIDANG PEMBINAAN PAUD DIKMASBIDANG PEMBINAAN SEKOLAH DASAR

Plt Kepala Dinas Dikbud memberi dukungan komitmen transisi Paud ke SD dengan memandatangani plakat komitmen

Slawi – Bertempat di Aula Dinas Pendidian dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 18 Kecamatan, terdiri dari Unsur Penilik PAUD, Pengawas SD, Ketua IGTKI PGRI Kabupaten Tegal, Ketua DPD Himpaudi Kab. Tegal, Ketua PKG Kab. Tegal dan Perwakilan Forum Komunikasi PAUD dan SD Kabupaten Tegal. Selasa, (13/06)

Pada Kesempatan tersebut Plt. Kepala Dinas Dikbud, Fakihurrokhim, S.Sos., MM mengatakan Kebijakan transisi PAUD – SD mengatur tiga target perubahan mulai tahun ajaran baru, yaitu: Melarang ada tes calistung saat penerimaan peserta didik baru Sekolah Dasar, menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik baru sehingga lebih mudah beradaptasi serta merancang kegiatan pembelajaran  yang dapat memberikan informasi tentang kebutuhan anak sesuai dengan rambu-rambu asesmen awal yang ada di alat bantu pembelajaran pada dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru serta merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, membangun kemampuan fondasi, dan mengimbau agar semua KWK membentuk forum komunikasi (forkom) PAUD SD di tingkat kecamatan dan mengadakan Sosialisasi, Deseminasi dan Sosialisasi serupa di Tingkat Kecamatan.

“Guru PAUD agar tidak mengajarkan Calistung secara masiv (memaksa) dan bisa Advokasi kepada orang tua yang menuntut anaknya bisa membaca, menulis dan menghitung di Sekolah PAUD, karena mereka masih di masa bermain yang menyenangkan” Ujarnya.

Fakih juga menyampaikan agar adanya Advokasi bagi sekolah yang mempraktekan yang menyimpang dari ketentuan, karena advokasi  penting untuk mendorong suksesnya implementasi enam aspek kemampuan fondasi yang perlu diasah di PAUD dan SD. Kemampuan fondasi ini dibentuk melalui struktur kurikulum PAUD dan kurikulum pendidikan dasar.

Adapun enam kemampuan fondasi anak yaitu:

1) mengenal nilai agama dan budi pekerti;

2) keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi;

3) kematangan emosi untuk kegiatan di lingkungan belajar;

4) kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar seperti kepemilikan dasar literasi dan numerasi;

5) pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri; serta

6) pemaknaan terhadap belajar yang positif.

Pada akhir Kegiatan diadakan Penandatangan Komitmen Bersama Mendukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan oleh Kepala Dinas dan semua Panitia dan Peserta yang terlibat pada Kegiatan tersebut.(Sof)