PERTUNJUKAN KESENIAN RAKYAT JAWA TENGAH DAN PAGELARAN WAYANG GOLEK

02/06/2022 BeritaBudaya

Sambutan Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Eris Yunianto, S.Pd., M.Pd.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal menyelenggarakan Pertunjukan Kesenian Rakyat Jawa Tengah dan Pagelaran Wayang Golek (Rabu, 25 Mei 2022 pukul 19.30 s/d selesai) di Galeri Seni Dinas DIKBUD Kabupaten Tegal.

Acara ini turut mengundang kehadiran Kepala OPD (Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Dinas Kominfo dan Dinas Porapar), Ketua Dewan Kebudayaan Daerah, Ketua Dewan Kesenian, Ketua Pepadi, Pimpinan Paguyuban Kejawen Maneges, Camat, Kepala KWK, Ketua Himpaudni, Ketua IGTKI, Kepala SMA/SMA Negeri/Swasta dan Kepala SMP Negeri/Swasta Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang di wakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan, Eris Yunianto, S.Pd., M.Pd. secara virtual mengatakan, kita dapat pahami bahwa esensi cipta rasa dan karsa budaya yang terus berkembang bermuara pada 3 hal pokok :

  1. Kemudahan terhadap pemenuhan kebutuhan hidup manusia secara utuh baik itu biologis, sosiologis, psikologis sampai dengan spiritual.
  2. Upaya memperkokoh derajat kebahagiaan dan kemuliaaan hidup dimana seni berkesenian dan berkebudayaan adalah aktualisasi dari kebutuhan ini.
  3. Memperkuat dan memperkaya peradaban hidup manusia yang lebih baik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“UU No. 5  Tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan mengamanatkan bahwa perlindungan, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan objek budaya adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah maupun masyarakat, dengan demikian komitmen gotong royong menjadi kunci keberhasilan pemajuan kebudayaan”, Jelas Eris.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Akhmad Was’ari, S.Pd., M.M.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Akhmad Was’ari, S.Pd., M.M menghadiri secara langsung menyampaikan bahwa dalam rangka program pembangunan manusia Indonesia seutuhnya melalui pembinaan dan pengembangan kreatifitas seni merupakan salah satu upaya efektif dalam memperkokoh jati diri bangsa yang cinta tanah air.

“Sejalan dengan program tersebut berbagai upaya melalui pertunjukkan kesenian Jawa Tengah sebagai fasilitasi ekspresi berkesenian bagi seniman Kabupaten Tegal, akan terus di lakukan dalam menjaga dan memelihara asset bangsa sehingga kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin”, Kata Was’ari.

Kesenian rakyat Jawa Tengah yang ditampilkan antara lain Tari Ngacak Balo dari SMA N 1 Pangkah, Seni Tradisional Sampyong dari Desa Balapulang Wetan, Orkes Keroncong Gita Puspita serta Wayang Golek dalang eNom Ki Farhat Balapulang dengan Lakon: “Ilange Pageblug Mayangkara”.

Pertunjukan Kesenian Rakyat Jawa Tengah dan Wayang Golek

Pertunjukan kesenian rakyat jawa tengah dan pagelaran wayang golek ini di harapkan bisa menjadi wahana sebagai pelestarian seni tradisi masyarakat berbasis kearifan lokal.