Monthly Archives September 2024

Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Siapkan 3 Program Inti Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

29/09/2024 BeritaBIDANG PEMBINAAN PAUD DIKMAS

Kasi PAUD Dinas Dikbud Kabupaten Tegal terus memantau program transisi Paud SD yang menyenangkan

Slawi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal menyiapkan 3 program inti transisi siswa didik PAUD ke SD yang menyenangkan.

Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan upaya bersama untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini, dari mana pun titik berangkat mereka. 

Gerakan ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak agar dapat terwujud.

Kepala Dinas Dikbud Fakihurrokhim, S.Sos, MM melalui Kasi PAUD Nur Ibnu Khakim, S.Ag., MM mengatakan, membangun kemampuan pada anak perlu dilakukan secara bertahap, bermakna, dan dengan cara yang menyenangkan agar manfaat baik dari pembelajaran tercapai. 

“Setidaknya ada 3 program inti  yang disia...

Baca Selengkapnya

258 Satuan PAUD di Kabupaten Tegal Harus Sudah Terakreditasi Tahun Ini, Dinas Dikbud Kejar Target

29/09/2024 BeritaBIDANG PEMBINAAN PAUD DIKMAS

Kasi PAUD Dinas Dikbud optimis progres akreditasi PAUD di Kabupaten Tegal mengalami peningkatan tahun ini

Slawi – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal tengah mengejar target akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun ini.

Pasalnya, Badan Akreditasi Nasional PAUD, Dasar, dan Menengah (BAN PDM) mengharuskan 258 satuan PAUD di Kabupaten Tegal sudah harus terakreditasi di tahun ini.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Fakihurrokhim, S.Sos., MM melalui Kasi PAUD, Nur Ibnu Khakim, S.Ag., MM mengungkapkan target akreditasi untuk 258 satuan pendidikan PAUD Kabupaten Tegal tersebut diutamakan untuk satuan pendidikan yang belum sama sekali melakukan proses akreditasi. 

“Saat ini mulai berproses sampai ke jenjang visit ketiga...

Baca Selengkapnya

Alokasi Pembangunan Rehabilitasi Sarpras SMP di Kabupaten Tegal Capai Rp20 Miliar

27/09/2024 BeritaBIDANG PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Plt Kasi Sarpras SMP Dinas Dikbud Kabupaten Tegal memberikan penjelasan

Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal  melalui Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras). Melakukan pembangunan dan rehabilitasi prasarana sekolah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan tahun anggaran 2024.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Fakihurrokhim, S.Sos., MM melalui Plt Kasi Sarpras SMP Dai Wibowo, S.Pd., MPd  menyatakan, selain dukungan anggaran dari DAK Pihaknya juga mendapatkan dukungan dari Dana Alokasi Khusus (DAU) dan APBD II. “Untuk besaran anggaran DAK pusat tahun ini, kami mendapatkan Rp20 miliar. Sementara dari DAU sebesar Rp5 milliar,”. ujarnya rabu (25/9/2024).

Dia merinci, anggaran dari DAK pusat dialokasikan untuk pembangunan dan rehabilitasi sarpras 19 SMP, ba...

Baca Selengkapnya

Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Adakan Bimtek Gasing Numerasi

22/09/2024 BeritaBIDANG PEMBINAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Slawi –  Program unggulan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal untuk menggenjot numerasi. Kegiatan kali ini melibatkan sedikitnya 32 guru SD dan 64 siswa yang diperdayakan dalam pelatihan Gasing numerasi sejak 17 September hingga 3 Oktober 2024 mendatang.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal, Fakihurrokhim, S.Sos., MM didampingi Kabid PPTK Nurkhakim, S.Pd. SD menyatakan, Gasing merupakan singkatan dari Gampang Asik Menyenangkan. “Tujuan bimtek ini adalah membantu mereka memiliki kepekaan dimasa yang akan datang, ketika dewasa nanti terhadap penyajian data, pola dan barisan bilangan,” ujarnya.

Selebihnya, melatih penalaran guna menyelesaikan masalah serta mengambil suatu keputusan...

Baca Selengkapnya

Festival Tunas Bahasa Ibu Jenjang SD Tingkat Kabupaten Tegal Digelar Dikbud, Diikuti 18 Kontingen

21/09/2024 BeritaBIDANG PEMBINAAN SEKOLAH DASAR

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal membuka perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu jenjang SD se Kabupaten Tegal tahun 2024

Slawi-Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) jenjang SD tingkat Kabupaten Tegal Tegal tahun 2024 digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

Kegiatan yang diikuti 18 kontingen kecamatan se Kabupaten Tegal itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dikbud, Fakihurrokhim, S.Sos., MM

Didampingi Kasi Kependidikan SD, Aan Kusnadi, S.Pd., M.Pd, pihaknya menjelaskan bahwa lomba kali ini mempertandingkan 7 mata lomba untuk putra dan putri. 

“Mata lomba yang dipertandingkan masing-masing  menulis cerita cekak, pidato,  mendongeng, membaca geguritan, nembang macapat, membaca dan menulis aksara  Jawa, dan ndagel ijen,” ungkapnya, Jumat, 20 September 2024.

Menu...

Baca Selengkapnya