PARADE SENI BUDAYA JAWA TENGAH

27/08/2019 BeritaBudaya

Rangkaian kegiatan Pasar Rakyat HUT ke-69 Jawa Tengah di Wonogiri ditutup dengan Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2019 di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman kawasan kota Wonogiri, Minggu, 25 Agustus2019. Acara penutup itu menyita perhatian ribuan warga. Parade kali itu dimeriahkan penampilan seniman dari sejumlah negara, yakni Amerika Serikat,Laos, Hungaria, Ceko, dan Iran. Dilanjutkan penampilan kesenian dari 35 Kota/Kabupaten se-Jawa Tengah

Acara Parade Seni Budaya ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Sri Puryono, dan pejabat teras lainnya, Serta Perwakilan Bupati dan pejabat di 35 Kota/Kabupaten se – Jawa Tengah.

Penari Formasi Lengkap

Kontongen Kabupaten Tegal menampilkan Tari Elo-Elo Itek, yaitu merupakan tari tradisi yang terinspirasi dari perjuangan rakyat Tegal pada masa penjajahan melawan Belanda. Tarian ini mengandung nilai-nilai perjuangan yang digelorakan untuk menumbuhkan semangat generasi muda.

Penampilan disela-sela perjalanan

Tari Elo-Elo Itek adalah sekelompok prajurit putri yang dipimpin oleh Dewi Retno Biniputri dari Ki Gede Kulur, seorang ulama di pondok pesantren pedukuhan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Pada saat itu Dewi Retno Bini tidak rela dan tidak terima atas perbuatan para penjajahan Belanda (VOC) yang merampas paksa hasil bumi dan pusaka di daerah Tegal.

Sesuai dengan penilaian oleh dewan juri, pada hari ini, Selasa 27 Agustus 2019, Kontingen Kesenian dari Kabupaten Tegal mendapatkan juara sebagai Penyaji Harapan I.