Bidang Tenaga Kependidikan

 

21. NAMA JABATAN :   KEPALA BIDANG TENAGA KEPENDIDIKAN

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Tenaga Kependidikan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Tenaga Kependidikan mempunyai fungsi ;

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan;
  3. penyiapan bahan penyusunan formasi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  4. penyiapan bahan pertimbangan pemberian izin usaha, nikah poligami, dan cerai bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  5. pelaksanaan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  6. pengorganisasian pengajuan usul kenaikan pangkat dengan angka kredit;
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang Tenaga Kependidikan.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan;
  3. melaksanakan inventarisasi data guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  4. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan formasi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, pengawas  sekolah, penilik PLS, pamong belajar, TLD, FDI, tenaga PAUD dan tutor;
  5. melaksanakan seleksi bakal calon Kepala TK, SD, SMP, SMA, SMK;
  6. melaksanakan penyiapan bahan pengusulan kenaikan pangkat jabatan guru, pengawas sekolah, penilik PLS dan  pamong belajar dengan angka kredit;
  7. melaksanakan penyiapan bahan usulan mutasi Kepala TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan mutasi antar daerah bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pamong Belajar, TLD dan FDI antar daerah;
  8. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan mutasi bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pamong Belajar, TLD dan FDI;
  9. melaksanakan penyiapan bahan permohonan cuti bagi Kepala Sekolah, Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  10. melaksanakan penyiapan bahan usulan latihan pra jabatan bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pamong Belajar, TLD dan FDI;
  11. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier bagi guru TK, SD,  SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  12. melaksanakan penyiapan bahan verifikasi, monitoring dan evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru  TK, SD, SMP, SMA, SMK,  Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  13. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan pemberian izin usaha, nikah poligami, cerai bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas  Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor;
  14. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pembinaan pengembangan profesionalisme Kepala Sekolah, Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pengawas Sekolah, Penilik PLS, Pamong Belajar, TLD, FDI, Tenaga PAUD dan Tutor, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  16. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  17. melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  18. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketepatan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Bidang Tenaga Kependidikan.

 

 

22. NAMA JABATAN :   KEPALA SEKSI TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN DASAR

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Tenaga Kependidikan dalam melakukan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar;
  3. penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi guru SD dan SMP, Pengawas TK, SD dan SMP;
  4. penyiapan data sebagai bahan pertimbangan pemberian izin usaha, nikah, dan cerai bagi Kepala Sekolah, Guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  5. penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier bagi Kepala Sekolah, SD dan SMP,  Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  6. pelaksanaan pengusulan kenaikan pangkat dengan angka kredit bagi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar;
  3. melakukan pendataan Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  4. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  5. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan kenaikan pangkat jabatan guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP dengan angka kreditnya;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan pengangkatan dan mutasi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan permohonan cuti bagi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  8. melakukan penyiapan bahan pertimbangan pemberian pelayanan izin usaha, nikah poligami, cerai bagi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, dan Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  9. melakukan pendidikan dan pelatihan fungsional bagi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP, Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  10. melakukan penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier bagi Kepala Sekolah, guru SD dan SMP,  Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan verifikasi, monitoring dan evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru SD, dan SMP, serta Pengawas TK/SD/SDLB dan SMP;
  12. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  13. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  14. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  15. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  16. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan dasar;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

 

 

23. NAMA JABATAN     :         KEPALA SEKSI TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN MENENGAH

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Menegah mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Tenaga Kependidikan dalam melakukan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menegah.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menengah;
  3. penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  4. penyiapan data sebagai bahan pertimbangan pemberian izin usaha, nikah, dan cerai bagi Kepala Sekolah, Guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  5. penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier bagi Kepala Sekolah, Guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  6. pelaksanaan pengusulan kenaikan pangkat dengan angka kredit bagi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah.

 

B. URAIAN TUGA:

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menengah;
  3. melakukan pendataan Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  4. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  5. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan kenaikan pangkat jabatan guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK dengan angka kreditnya;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan pengangkatan dan mutasi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan permohonan cuti bagi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  8. melakukan penyiapan bahan pertimbangan pemberian pelayanan izin usaha, nikah poligami, cerai bagi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  9. melakukan pendidikan dan pelatihan fungsional bagi Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  10. melakukan penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan verifikasi, monitoring dan evaluasi kinerja Kepala Sekolah, guru SMA dan SMK, serta Pengawas SMA dan SMK;
  12. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menengah, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  13. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  14. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  15. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  16. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menengah;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan menengah;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah.

 

 

24. NAMA JABATAN     :         KEPALA SEKSI TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Tenaga Kependidikan dalam melakukan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal;
  3. penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal;
  4. penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal;
  5. penyiapan data sebagai bahan pertimbangan pemberian izin usaha, nikah, dan cerai bagi tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal;
  6. pelaksanaan pengusulan kenaikan pangkat bagi tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal;
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal dan Informal.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  3. melakukan pendataan Tenaga Lapangan Dikmas (TLD), Fungsional Desa Intensif (FDI), Pamong Belajar dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini, serta Penilik PLS dan Tutor;
  4. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan formasi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  5. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan kenaikan pangkat bagi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan pengangkatan dan mutasi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI)
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan permohonan cuti bagi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  8. melakukan penyiapan bahan pertimbangan pemberian pelayanan izin usaha, nikah poligami, cerai bagi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  9. melakukan pendidikan dan pelatihan fungsional bagi tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  10. melakukan penyiapan data sebagai bahan pembinaan pengembangan profesionalisme dan karier tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan verifikasi, monitoring dan evaluasi kinerja tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  12. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI), serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  13. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  14. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  15. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  16. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan pelayanan administrasi kepegawaian tenaga kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI);
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Tenaga Kependidikan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI).