Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI)

  1. 1.    NAMA JABATAN :   KEPALA BIDANG PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan urusan pendidikan nonformal dan informal.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi kegiatan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  4. penyediaan sarana pendidikan nonformal dan informal serta urusan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  5. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal serta urusan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI).

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. melaksanakan pembinaan pengelolaan pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  4. melaksanakan pemantauan, pengendalian dan penilaian pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) pada lembaga pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  5. melaksanakan pembinaan kegiatan siswa pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  6. melaksanakan penyiapan bahan pengaturan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  7. melaksanakan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa pada lembaga pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  8. melaksanakan penyiapan bahan usulan pendirian dan penutupan lembaga pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  9. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  10. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan penilaian hasil belajar pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  11. melaksanakan penyiapan bahan usulan calon penerima penghargaan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  12. melaksanakan fasilitasi pemberdayaan organisasi mitra pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  13. melaksanakan penyediaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  14. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI), serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  16. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  17. melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  18. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan ketepatan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketepatan bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Bidang pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI).

 

 

 

  1. 2.    NAMA JABATAN :   KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MASYARAKAT

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal dalam melakukan urusan pendidikan masyarakat.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan masyarakat;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pendidikan masyarakat;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Pendidikan Masyarakat.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis  pendidikan masyarakat;
  3. melakukan program dan pembinaan pengelolaan pendidikan keaksaraan fungsional (KF), Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan Pendidikan Berkeadilan Gender;
  4. melakukan pemantauan dan pengendalian pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) pendidikan masyarakat;
  5. melakukan penyiapan data sebagai bahan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa pendidikan masyarakat;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan pendirian dan penutupan pendidikan masyarakat;
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan calon penerima penghargaan bidang pendidikan masyarakat;
  8. melakukan pemantauan, pendataan dan evaluasi kegiatan siswa pendidikan masyarakat;
  9. melakukan pendataan, monitoring dan pembinaan kinerja pengelolaan pendidikan masyarakat;
  10. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan kurikulum pendidikan masyarakat;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan penilaian hasil belajar pendidikan masyarakat;
  12. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir kursus atau pandidikan masyarakat;
  13. melakukan fasilitasi ujian nasional pendidikan masyarakat;
  14. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan pendidikan masyarakat, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  16. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  17. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  18. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan masyarakat;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pendidikan masyarakat;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pendidikan Masyarakat.

 

  1. 3.    NAMA JABATAN :   KEPALA SEKSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KESETARAAN

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini dan Kesetaraan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal dalam melakukan urusan pendidikan anak usia dini dan kesetaraan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini dan Kesetaraan mempunyai fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pendidikan anak usia dini;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Pendidikan Anak Usia Dini.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan  perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini;
  3. melakukan program dan pembinaan terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
  4. melakukan pembinaan pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diselenggarakan masyarakat;
  5. melakukan pemantauan, pengendalian dan penilaian pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) pendidikan anak usia dini;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan pengaturan penerimaan siswa pendidikan anak usia dini;
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa pendidikan anak usia dini;
  8. melakukan penyiapan data sebagai bahan usulan pendirian dan penutupan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
  9. melakukan  pemantauan, pendataan dan evaluasi kegiatan siswa pendidikan anak usia dini;
  10. melakukan pendataan, monitoring dan pembinaan kinerja pengelolaan pendidikan anak usia dini;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan kurikulum pendidikan anak usia dini;
  12. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan penilaian hasil belajar pendidikan anak usia dini;
  13. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar pendidikan anak usia dini;
  14. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan pendidikan anak usia dini, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  16. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  17. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  18. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan anak usia dini;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pendidikan anak usia dini;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Pendidikan Anak Usia Dini.

 

  1. 4.    NAMA JABATAN :   SEKSI SARANA PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Sarana Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal dalam melakukan pengelolaan sarana pandidikan nonformal dan informal.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Sarana Pendidikan Nonformal dan Informal mempunyai  fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. pelaksanaan pengadaan, pendistribusian dan pendayagunaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI).

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. melakukan pengadaan,  pendistribusian  dan pendayagunaan sarana  prasarana, termasuk pembangunan dan/atau rehabilitasi pendidikan nonformal dan informal, yang meliputi : (a) Pendidikan Anak Usia Dini, (b) Pendidikan Keaksaraan, (c) Pendidikan Berkeadilan Gender, (d) Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat, (e) Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, dan (f) Penyelenggaraan Kursus Diklusesmas serta pelatihan;
  4. melakukan pengadaan buku pelajaran pokok yang diperlukan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  5. melakukan pengadaan blanko STTB, STK, buku–buku pelajaran, dan sarana untuk pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  6. melakukan pemantauan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  7. melakukan fasilitasi peran serta masyarakat bidang pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  8. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI), serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  9. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  10. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  11. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  12. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pengelolaan sarana pendidikan anak usia dini, nonformal dan informal (PAUDNI);
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Sarana Pendidikan Nonformal dan Informal.