Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas)

  •     NAMA JABATAN : KEPALA BIDANG PENDIDIKAN DASAR

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Pendidikan Dasar mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan urusan pendidikan dasar.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Dasar mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis urusan pendidikan dasar;
  3. pelaksanaan pembinaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  4. penyusunan kurikulum, pengawasan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kurikulum Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  5. penyiapan bahan pengaturan penerimaan siswa baru Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  6. penyediaan sarana pendidikan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bidang Pendidikan Dasar.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis urusan pendidikan dasar;
  3. melaksanakan pembinaan pengelolaan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta pengembangan standar kompetensi siswa;
  4. melaksanakan pemantauan, pengendalian dan penilaian pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) dan Manajemen Sekolah;
  5. melaksanakan pembinaan kegiatan siswa Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  6. melaksanakan pemantauan, pendataan dan evaluasi kegiatan siswa Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  7. melaksanakan penyiapan bahan pengaturan penerimaan siswa baru Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  8. melaksanakan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa Kejar Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  9. melaksanakan penyiapan bahan usulan pendirian dan penutupan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  10. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan dan pengembangan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  11. melaksanakan  monitoring kinerja pengelolaan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  12. melaksanakan fasilitasi akreditasi terhadap Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  13. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Penilik Sekolah (KKPS) dan Kelompok Kerja Pendidikan Luar Sekolah (KKPLS);
  14. menyiapan bahan penyusunan kurikulum berdasarkan kurikulum nasional dan muatan lokal Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  15. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir pendidikan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket A Setara Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Serta Kejar Paket B Setara Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  16. melaksanakan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan Sekolah Dasar;
  17. melaksanakan dan memfasilitasi peran serta masyarakat di bidang pendidikan dasar;
  18. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan program kerjasama luar negeri di bidang pendidikan dasar;
  19. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pendidikan dasar, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  20. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  21. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  22. melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  23. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan ketepatan bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketepatan bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan urusan pendidikan dasar;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pengelolaan pendidikan dasar;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Bidang Pendidikan Dasar.

 

  •   NAMA JABATAN :   SEKSI KEPENDIDIKAN TK-SD

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Kependidikan TK-SD mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar dalam melakukan urusan kependidikan TK dan SD.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Kependidikan TK-SD mempunyai  fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Kependidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  3. melakukan pendataan dan pembinaan pengelolaan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  4. melakukan pembinaan kegiatan dan potensi siswa SD dan Kejar Paket A Setara SD atas dasar standar minimal kompetensi yang berlaku;
  5. melakukan pemantauan, pengendalian dan penilaian pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) dan Manajemen Sekolah;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan pengaturan penerimaan siswa baru SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  7. melakukan penyiapan data sebagai bahan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa baru SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  8. melakukan penyiapan data sebagai bahan pertimbangan pengusulan pendirian dan penutupan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  9. melakukan penyiapan data sebagai bahan pembinaan dan pengembangan pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  10. melakukan fasilitasi akreditasi SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan kurikulum berdasarkan kurikulum nasional dan muatan lokal SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  12. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  13. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan program pembinaan KKG, K3S dan KKPS SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  14. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan program kerjasama luar negeri di bidang kependidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  15. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan kependidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  16. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  17. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  18. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  19. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pengelolaan pendidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Kependidikan SD dan Kejar Paket A Setara SD.

 

 

  •   NAMA JABATAN :   SEKSI KEPENDIDIKAN SMP

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Kependidikan SMP mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar dalam melakukan urusan kependidikan SMP.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Kependidikan SMP mempunyai  fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis operasional pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Kependidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis operasional pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  3. melakukan pendataan dan pembinaan pengelolaan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  4. melakukan pembinaan kegiatan dan potensi siswa SMP dan Kejar Paket B Setara SMP atas dasar standar minimal kompetensi yang berlaku;
  5. melakukan pemantauan, pengendalian dan penilaian pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) dan Manajemen Sekolah;
  6. melakukan penyiapan data sebagai bahan pengaturan penerimaan siswa baru SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  7. melakukan pembinaan, pemantauan, pengendalian dan pelaksanaan penerapan manajemen mutu (ISO) dan/SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan/SMP Bertaraf Internasional (SBI);
  8. melakukan penyiapan data sebagai bahan pengaturan penerimaan siswa baru SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  9. melakukan penyiapan data sebagai bahan pemantauan dan evaluasi penerimaan siswa baru SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  10. melakukan penyiapan data sebagai bahan pertimbangan usulan pendirian dan penutupan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  11. melakukan penyiapan data sebagai bahan pembinaan dan pengembangan pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  12. melakukan fasilitasi akreditasi SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  13. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan kurikulum berdasarkan kurikulum nasional dan muatan lokal SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  14. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan evaluasi belajar tahap akhir SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  15. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan program pembinaan MGMP dan MKKS SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  16. melakukan penyiapan data sebagai bahan penyusunan program kerjasama luar negeri di bidang kependidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  17. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan kependidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  18. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  19. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  20. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  21. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pengelolaan pendidikan SMP dan Kejar Paket B Setara SMP;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Kependidikan SMP dan Kejar Paket C Setara SMP.

 

  •  NAMA JABATAN :   SEKSI SARANA PENDIDIKAN DASAR

 

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Seksi Sarana Kependidikan Dasar mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Pendidikan Dasar dalam melakukan pengelolaan sarana pendidikan dasar.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Seksi Sarana Pendidikan Dasar mempunyai  fungsi :

  1. penelaahan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. penelaahan data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dasar;
  3. pelaksanaan pengadaan, pendistribusian dan pendayagunaan sarana  dan prasarana pendidikan SD, dan SMP;
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi Sarana Pendidikan Dasar.

 

B. URAIAN TUGAS  :

  1. melakukan pengolahan dan penelaahan data kebutuhan sarana dan prasarana sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. melakukan pengolahan dan penelaahan data kebutuhan sarana dan prasarana sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana pendidikan dasar;
  3. melakukan pengadaan, pendistribusian dan pemantauan penggunaan sarana (buku pelajaran pokok, prasarana blanko STTB, STK, buku–buku pelajaran.dll) dan prasarana (ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium IPA, ruang pimpinan, ruang guru, tempat beribadah, ruang UKS, jamban, gudang, ruang sirkulasi dan tempat bermain/ olahraga.dll) SD dan SMP;
  4. melakukan fasilitasi peran serta masyarakat di bidang pendidikan dasar;
  5. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan sarana dan prasaranan pendidikan dasar, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  6. mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;
  7. memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;
  8. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. melakukan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

C. TANGGUNG JAWAB :

  1. kebenaran dan keakuratan data sebagai bahan penyusunan rencana kerja;
  2. ketersediaan dan kebenaran data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis pengelolaan sarana pendidikan dasar;
  3. kelancaran dan keteraturan pelaksanaan urusan, tugas, dan pelayanan pengelolaan sarana pendidikan dasar;
  4. ketepatan distribusi tugas dan pemberian motivasi kepada bawahan;
  5. kelancaran dan keefektifan pelaksanaan koordinasi;
  6. ketepatan dan keefektifan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas Seksi Sarana Pendidikan Dasar.