Visi dan Misi

VISI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN TEGAL

 

VISI : 

“Terwujudnya pelayanan prima Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Cerdas, Produktif, Berakhlak Mulia dan Berprestasi”

Sedangkan makna yang menjadi nilai-nilai pokok di dalam visi diatas dijabarkan sebagai berikut :

1. Pelayanan Prima

Di sector publik ada tiga fungsi pelayanan yang dilakukan pemerintah, yakni: environmental service, development service, dan protective service. Pelayanan oleh pemerintah dibedakan berdasarkan siapa yang menerima layanan tersebut, apakah pihak individu atau pihak kelompok. Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap masyarakat.

2. Cerdas

Mewujudkan masyarakat menuju kea rah pengembangan akal budi, dalam hal ini membentuk masyarakat melalui pendidikan untuk mengembangkan akal budi.

3. Produktif

Kemauan untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil. Produktif dapat juga diartikan dengan menghasilkan atau berkarya. Artinya dari segala upaya dan proses yang dilewati dalam dunia pendidikan mempunyai harapan untuk membuahkan hasil.

4. Berakhlak Mulia

Berarti perilaku, sikap, perbuatan, adab dan sopan santun seluruh perilaku masyarakat yang sesuai dengan tuntunan norma, agama dan aturan serta hokum Negara yang berlaku.

5. Berprestasi

Berprestasi adalah perilaku individu yang selalu mengarah atau diarahkan pada upaya untuk mencapai suatu keunggulan. Pengertian berprestasi adalah aktivitas individu untuk mencapai keberhasilan dengan mengatasi rintangan atau bersaing melebihi prestasi yang lampau atau prestasi orang lain. Tujuan berprestasi adalah mendorong individu serta masyarakat untuk giat, tekun, inovatif, bertanggung jawab. Pentingnya prestasi adalah menciptakan individu dan masyarakat yang memiliki motif tinggi untuk neraih sukses dan tidak takut berkompetisi.

MISI :

  1. Mewujudkan tata kelola, pencitraan public, tata nilai penyelenggaraan pendidikan yang baik, serta mewujudkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan.
  2. Meningkatkan ketersediaan pendidikan dan perluasan akses pendidikan dasar yang merata, terjangkau, setara, berkelanjutan serta berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.
  3. Mewujudkan dukungan sustainabilitas (berkelanjutan) lulusan pendidikan dasar ke sekolah menengah dengan mengembangkan dukungan nyata pembangunan fasilitas pendidikan menengah yang variatif dan kreatif.
  4. Mewujudkan peningkatan kompetensi teknis, sosial, personal, manajeril, dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Mewujudkan kualitas/mutu pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang mencakup kecakapan personal , social, akademik dan relevansi pendidikan yang memiliki keunggulan serta memperdayakan lembaga pendidikan formal dan non formal.
  6. Mewujudkan kreatifitas, peningkatan fasilitas, daya saing dan prestasi kepemudaan dan keolahragaan.

TUJUAN DAN SASARAN :

  1. Meningkatnya Mutu dan Relevansi Pendidikan,
  2. Meningkatnya Perluasan dan Akses Pendidikan,
  3. Meningkatnya Mutu dan Kesejahteraan Tenaga Kependidikan,
  4. Meningkatnya Mutu Manajemen Pengelolaan Pendidikan dan Kemandirian Sekolah.