Visi dan Misi

VISI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN TEGAL

 

VISI : 
Terwujudnya sumber daya manusia yang handal, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani, berbudi pekerti luhur serta mampu bersaing di era kompetitif.

  • Sumber daya manusia yang handal, meliputi seluruh elemen masyarakat dalam wilayah administrative Kabupaten Tegal baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat umum yang menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi, berbudi pekerti luhur dan memiliki keimanan, ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Cerdasa dan terampil, mengandung arti bahwa masyarakat Kabupaten Tegal di masa mendatang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta daya saing yang tinggi baik di tingkat regional maupun tingkat nasional.
  • Sehat jasmani dan rohani mengandung pengertian bahwa masyarakat Kabupaten Tegal mampu memenuhi kebutuhan dasarnya meliputi sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, mampu berpikir, bersikap,dan bertindak atas dasar akal sehat.

MISI :

  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas sarana prasarana pendidikan baik fisik maupun nonfisik untuk menunjang kelancaran dan perbaikan proses pembelajaran.
  • Meningkatkan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tegal.
  • Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta profesionalisme kemampuan manajerial, kemampuan teknis, dan kesejahteraan tenaga kependidikan.
  • Meningkatkan mutu manajemen pendidikan dalam mewujudkan kemandirian sekolah sejalan dengan kebijakan desentralisasi pendidikan.

TUJUAN DAN SASARAN :

  1. Meningkatnya Mutu dan Relevansi Pendidikan,
  2. Meningkatnya Perluasan dan Akses Pendidikan,
  3. Meningkatnya Mutu dan Kesejahteraan Tenaga Kependidikan,
  4. Meningkatnya Mutu Manajemen Pengelolaan Pendidikan dan Kemandirian Sekolah.